Minggu, 13 Mei 2012

Mal Ulir

Mal ulir ini gunanya untuk mengukur atau memeriksa ulir. Alat ini terbuat dari bahan baja pelat. Satu set mal ulir terdiri dari beberapa buah mal. Mal ini ada yang terdiri hanya satu macam ulir saja, misalnya withworth dan ada pula yang terdiri dari dua macam ulir yaitu ulir withworth dan ulir metrik. Pada rumahnya terdapat tanda withworth 55° dan metrik 60°.

A.Macam-macam mal ulir 

1. Mal Ulir Whitworth 

Pada setiap mal terdapat angka misalnya 9 g, 11 g, 12 g, dan seterusnya. Angka-angka ini menunjukan bahwa mal tersebut mempunyai ulir 9 gang tiap inchi, berarti pula dapat digunakan untuk memeriksa ulir (baut dan mur) yang mempunyai gang 9 buah/inchi. 
Ciri-ciri Ulir Whitworth adalah:
 • Mempunyai satuan dalam inchi, dihitung jumlah gang sepanjang satu inchi
 • Sudut puncak ulir 55° 

2.Mal ulir metrik Ciri-ciri ulir metrik adalah: 


  • Mempunyai satuan dalam millimeter yang diukur adalah jarak puncak ulir yang satu terhadap puncak ulir lainnya dalam satu putaran.
  •  Sudut puncak ulir 60°



Penggunaan mal ulir 
Jika kita akan memeriksa ulir baut/mur, maka rapatkan mal itu pada ulir tersebut . Bila mal itu masuk dengan baik pada ulir tersebut berarti ukuran ulir tersebut sama dengan ukuran ulir yang terdapat pada mal tersebut. Bila mal tidak cocok dengan ulir yang diperiksa gantilah dengan mal-mal lainnya yang cocok/sesuai.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Artikel Teknik Mesin - All Rights Reserved Teknik Mesin Support UNY