Mengetahui Ukuran Dan Bentuk Kapasitor

Mengetahui Ukuran Dan Bentuk Kapasitor

Kapasitor hampir selalu ada di tiap rangkaian elektronik oleh karena itu kita harus Mengetahui ukuran dan bentuk kapasitor untuk mempermudah troubleshooting service tv. Komponen Kapasitor hadir dalam banyak ukuran, bentuk dan fungsi tetapi secara garis besar dapat dibedakan menjadi beberapa kapasitor yaitu dari tipe bahan material yang digunakan untuk membuat plat / bodi kapasitor, type material yang digunakan untuk dielektrik kapasitor dan kapasitansi nya.

Bagian dalam kapasitor secara umum :

Bagian dalam kapasitor

Ukuran dan Bentuk Kapasitor

Type Kapastior secara umum dari ukuran dan bentuk nya :

Kapasitor Keramik

Bentuk Kapasitor Keramik

Bodi kapasitor keramik dibuat dengan kedua sisi dielektrik dengan keramik dan dilapisi lagi dengan resin. Biasanya kapasitor keramik berukuran kecil begitu juga untuk kapasitansinya yang berkisar antara 1 pF hingga beberapa micro Farad / uF. Karena bentuk dan kapasitasnya kecil maka dalam penamaan nya juga hanya dengan 3 digit saja misalnya 103 berarti 10nF, 102 berarti 1 nF. Kapasitor keramik juga tidak memiliki polaritas sehingga kita bebas memasangnya.

Kapasitor Mika

Bentuk Kapasitor Mika

Kapasitor ini terbuat dari bahan mika, elektroda yang terhubung ke bagian plat dielektrik kapasitor kemudian dilapisi dengan epoxy. Kapasitas jenis kapasitor ini tidak berbeda jauh dengan kapasitor keramik tetapi perbedaan nya dalam hal toleransi yaitu sekitar 1%. Kapasitor ini juga tidak memiliki polaritas.

Walaupun kapasitor keramik dan mika memiliki kemiripan dalam hal kapasitas, namun cukup mudah untuk dibedakan. Kapasior keramik cenderung berwarna coklat dan bentuknya tipis. Sedangkan Kapasitor mika bentuknya lebih tebal dan mengkilap dengan warna yang berbeda beda tergantung jenisnya.

Kapasitor Film

Bentuk Kapasitor Film

Kapasitor film dibuat dari bahan Polyester Film, tergantung dari jenis bahan yang digunakan maka kapasitansi nya paling kecil adalah 1000 pF dan paling besar adalah 100 uF dengan nilai toleransi 5% – 10%. Jenis kapasitor ini juga tidak memiliki polaritas.

Kapasitor Tantalum

Bentuk Kapasitor Tantalum

Berikutnya adalah kapasitor Tantalum yang saya yakin agak jarang ditemui selain itu dari segi harga juga cukup mahal. Penyebab mahalnya sendiri adalah karena jenis kapasitor tantalum ini bisa bekerja dengan sangat stabil sehingga biasanya digunakan pada rangkaian yang memerlukan stabilitas nilai kapasitansi yang baik.

Kapasitor tantalum memiliki bentuk seperti kapasitor non polaritas namun jika dilihat lebih detail di bodi kapasitor akan terlihat posisi kutubnya yang biasanya ditandai dengan tanda (+) sebagai kutub positif sehingga hati hati pada saat memasangnya. Dengan demikian kapasitor tantalum ini juga adalah jenis kapasitor elektrolit.

Kapasitor Elektrolit

Bentuk Kapasitor Elektrolit

Berikutnya adalah kapasitor elektrolit atau yang biasa disebut kondensator / elco, sangat mudah membedakan jenis kapasitor ini yaitu bentuknya yang seperti tabung dengan bodi kapasitor terdapat tanda kutub (+) dan (-) sehingga pastikan untuk tidak terbalik pemasangannya. Perhatikan juga untuk tegangan kerja kapasitor, sesuaikan tegangan kapasitor dengan tegangan di rangkaian. Silahkan baca untuk artikel cara membaca nilai kapasitor untuk lebih jelasnya.

Nilai kapasitansi dari jenis kapasitor ini adalah dari 1uF hingga ribuan uF dengan toleransi 5% – 10% bergantung kualitas kapasitor itu sendiri. Biasanya kondesator / elco ini digunakan di rangkaian power supply sebagai filter yang digabung dengan dioda penyearah. Sering juga digunakan pada rangkain crossover sebagai pemisah frekuensi tinggi untuk tweeter.

Kapasitor Variabel

Bentuk Kapasitor Variabel

Bagi yang sering mereparasi radio model lama pasti sudah tidak asing dengan komponen yang satu ini, Kapasitor variabel atau biasa juga disebut Varco adalah jenis kapasitor yang bisa diubah kapasitansi nya, bisa dengan obeng ataupun dengan knob khusus. Biasanya jenis kapasitor ini digunakan untuk pengatur frekuensi.

Dari bahan yang digunakan bisa terbuat dari film, mika ataupun keramik. Kapasitor Variabel memiliki plat plat yang jika diputar maka akan merubah nilai kapasitansi nya.

Tentu saja masih ada Ukuran dan Bentuk Kapasitor lainnya tetapi yang paling banyak digunakan adalah yang dibahas diatas.

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url