Skema Rangkaian Inverter DC ke AC 220V 40Watt

Ini merupakan skema inverter dc ke ac yang mempunyai kapasitas energi maksimum 100W dari sumber tekanan 12VDC ke tekanan 220VAC. Rangkaian ini menurut perancangnya dapat bertahan sampai 4 tahun serta seperti yang dapat diamati dibawah, rangkaiannya lumayan simpel. Apabila belum ketahui apa itu inverter baca juga postingan mengenai teknologi inverter.

Jantung dari rangkaian merupakan IC CD 4047 yang berperan selaku multivibrator tidak normal, jarum semat 1 serta jarum semat 2 pada IC merupakan kaki yang memastikan gelombang yang diperoleh susunan. Sebaliknya buat susunan ini sendiri telah diatur di 50Hz.

IC inverter CD 4047 menciptakan 2 x output yang setelah itu diperkuat oleh penguat dini transistor TIP122 di kedua sisinya yang setelah itu diperkuat dengan 2N3055 yang umum dipakai di amplifier OCL di kedua sisinya dengan masing masing bagian 2 transistor penguat akhir.

Skema Inverter DC ke AC 220V 40Watt

Trafo yang dipakai merupakan pada skema inverter DC ke AC merupakan type CT( center tap) 9V dengan kapasitas 10A, tetapi apabila tidak terdapat dapat memakai trafo 5A meski kemudiannya energi yang diperoleh cuma 60Watt maksimum.

Dalam mengonsep rangkaian inverter dc ke ac 100 watt ini terdapat sebagian perihal yang wajib dicermati, ialah:

  1. Baterai buat eksperimen dapat memakai aki mobil sebagai basis 12VDC
  2. Buat Setting frekuensi dapat diatur lewat POT R1, setting ke 50Hz memakai AVO yang mensupport atau Osiloskop
  3. Pastikan buat memakai fuse atau sekring 10A jaga jaga apabila terjalin short
  4. Maanfaatkan soket buat IC inverter 4047
  5. Maanfaatkan buat perlengkapan sederhana, output yang diperoleh tidak sesuai apabila dipakai buat pc ataupun perlengkapan lain yang sensitif.
  6. Maanfaatkan Heatsink buat Transistor 2N3055

Aspek yang memastikan kapasitas energi pada skema inverter ini merupakan arus maksimal pada transistor penguat akhir serta trafo yang dipakai. Selaku ilustrasi buat memperoleh hasil maksimum 100 watt dengan memakai tekanan baterai 12VDC hingga kapasitas baterai wajib~8A. Ataupun seperti ini:

100 watt atau 12VDC= 8. 3 A sesuai dengan rumus daya P=VxI

Cara kasarnya seperti itu, sekian posting kali ini sampai jumpa...

Sumber: circuitstoday.com 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url